web counter
 

ALAT PENGUKUR FREKWENSI GELOMBANG PADA OTAK

 

EEG, Alat Pengukur Gelombang Otak (Brainwave)

Dalam setiap kondisi, frekwensi pada otak akan berubah-rubah. Berdasarkan riset selama bertahun-tahun di berbagai negara maju, frekwensi otak manusia berbeda-beda untuk setiap fase sadar, rileks, tidur ringan, tidur nyenyak, trance, panik, dan sebagainya.  Hal ini dapat di ukur dengan alat Elektro Ensefalo Grafi / EEG. Elektro Ensefalo Grafi (EEG) adalah suatu alat yang mempelajari gambar dari rekaman aktifitas listrik di otak, termasuk teknik perekaman EEG dan interpretasinya. Neuron-neuron di korteks otak mengeluarkan gelombang-gelombang listrik dengan voltase yang sangat kecil (mV), yang kemudian dialirkan ke mesin EEG untuk diamplifikasi sehingga terekamlah elektroenselogram yang ukurannya cukup untuk dapat ditangkap oleh mata pembaca EEG sebagai gelombang delta,alpha, beta, theta, gamma dsb.

Mendapatkan rekaman EEG yang baik dan benar adalah salah satu dari tujuan utama dari pemeriksaan EEG selain interpretasi yang benar. EEG adalah alat untuk menunjang tegaknya diagnosa, selama kita dapat memperoleh rekaman yang baik dan benar. Rekaman yang tidak baik justru akan menyesatkan tegaknya diagnosa.

 

Saat terbaik perekaman adalah pada saat bebas obat sehingga Gelombang Otak (Brainwave) yang didapat adalah Gelombang Otak (Brainwave) yang bebas dari pengaruh obat. Lama perekaman minimal 15-20 menit pada penderita sadar. Bila ada prosedur stimulasi fotik, hiperventilasi dan tidur maka lama perekaman harus ditambah. EEG adalah sample waktu dari kehidupan seseorang, dan waktu 20 menit adalah waktu yang sangat singkat untuk menarik suatu kesimpulan dari suatu kerja atau suatu fungsi otak seseorang. Oleh karena itu semakin lama perekaman maka semakin besar kemungkinan kita untuk menemukan abnormalitasnya.

 

Hans Berger, Penemu Electroencephalogram (EEG)

Hans Berger adalah seorang profesor psikiater dan direktur Klinik Universitas Psikiater Jena (1919-1938). Akan tetapi, dia terkenal bukan karena hal itu. Dia menjadi tokoh dunia akibat kontribusinya yang besar dalam penelitian aktivitas dan kesadaran otak manusia. Penelitian ini bahkan membawanya pada penemuan suatu alat yang mengubah khazanah ilmu kedokteran. Namanya adalah Electroencephalogram (EEG).

Electroencephalogram adalah sebuah alat yang mampu memvisualisasikan Gelombang Otak (Brainwave) manusia ke dalam bentuk grafik. Gelombang Otak (Brainwave) ini diukur berdasarkan beda pontensial yang terjadi secara berulang-ulang di antara elektroda yang dihubungkan ke kepala manusia.
 
Pada awalnya, Berger membuat EEG hanya sebagai alat untuk mengukur Gelombang Otak (Brainwave). Namun ternyata, lama kelamaan, EEG dijadikan sebagai alat yang mampu mendiagnosis dan mengobati penyakit tertentu, seperti epilepsi dan tumor otak. Hal ini pun sangat tidak ternilai harganya.
 
Hans Berger lahir pada 21 Mei 1873. Dia berkebangsaan Jerman, tepatnya berasal dari kota kecil sebelah Utara Bavaria Neuses dekat Coburg. Berger adalah anak seorang dokter, Paul Friedrich Berger. Ibunya, Anna Rückert merupakan anak dari seorang penyair Jerman. Berger sangat dipengaruhi oleh kedua orang tuanya. Itu sebabnya, Hans Berger banyak disebut sebagai seorang ilmuwan filsafat.
 
Hans Berger lulus dengan kehormatan dari Gymnasium di Coburg. Kemudian dia mendaftar di Universitas Berlin sebagai mahasiswa Astronomi pada tahun 1892. Tahun berikutnya, dia menjadi relawan untuk tentara Jerman.
 
Keputusannya untuk menjadi relawan militer hampir membuatnya mendapat kecelakaan fatal. Akan tetapi, saudara perempuannya memberi tahu sang ayah akan hal ini. Ayahnya yang cemas segera mengirim telegram untuk memastikan hal itu. Dan untunglah, Berger selamat. Kejadian yang dilakukan saudara perempuannya membuat Berger bingung. Mengapa bisa saudara perempuannya itu tahu bahwa Berger akan mendapat kecelakaan? Padahal mereka berjauhan dan tak pernah berkomunikasi. Berger akhirnya sadar bahwa di antara dia dan saudaranya ada ikatan telepati yang tak bisa dibuktikan dengan akal sehat.
 
Tahun 1897, dia mendapat gelar dokter dan menjadi staf junior dari klinik psikiater yang kelak menjadikannya direktu. Tahun 1901, Berger menjadi dosen. Di tahun itu pula, dia memublikasikanpenelitiannya mengenai fungsi otak manusia dan catatan ukurannya berdasarkan modifikasi peredaran darah.
 
Di awal tahun 1902, dia menjadi terkenal. Hal ini karena dia mencatatkan penelitiannya mengenai aktivitas cerebral korteks (otak) anjing. Akan tetapi, tahun 1910, dia merasa putus asa akan hasilnya yang tak begitu berarti. Berger juga mendapat jalan buntu akan penelitiannya mengenai energi fisika yang memengaruhi otak
 
Setelah sempat menjadi relawan di rumah sakit Rethel, Prancis, dia kembali ke Jerman dan terpilih menjadi direktur klinik universitas psikiater di Jena. Dalam beberapa tahun pertamanya sebagai direktur, Berger melakukan penelitian mengenai hubungan antara otak dan jiwa. Akan tetapi, dalam keadaan senggang dia melakukan penelitian pribadi mengenai aktivitas elektrik di dalam otak. Dalam kurun waktu ini, Berger dikenal sebagai orang yang disiplin. Waktunya banyak tersita dalam penelitian.
 
Dari hasil penelitiannya ia menyimpulka bahwa di dalam otak manusia terdapat Gelombang Otak (Brainwave).
 
Peralatan yang digunakan Berger sangatlah kasar. Dia menggunakan galvanometer cincin Edelmann sebagai alat pencatatnya. Namun karena kepintaran dan kecerdasannya, Berger akhirnya mampu menemukan suatu alat yang dapat mencatat Gelombang Otak (Brainwave) ini. Namanya adalah Electroencephalogram (EEG) yang ditemukannya pada tanggal 6 Juli tahun 1924. Nama pasien yang membuatnya berhasil ini adalah seorang anak muda bernama Zedel.
 
Berger meneruskan penelitiannya selama 5 tahun sebelum akhirnya memublikasikan alat ini kepada umum. Pasiennya tak hanya orang yang mengalami gangguan kepala, tetapi juga orang yang normal. Dalam melakukan penelitian, dia menaruh elektroda di bagian depan kepala dan di bagian belakang kepala.
 
Tahun 1929, Berger memublikasikan hasil penelitiannya dalam suatu forum prestisius Archiv für Psychiatrie und Nervenkrankheiten, dan judul ”Über das Elektrenkephalogramm des Menschen” menjadi artikel pertama dari keempat belas tulisannya mengenai EEG yang dipublikasikan dalam kurun waktu 1929-1938. Artikel ketiganya pun mampu membuktikan adanya Gelombang Otak (Brainwave).
 
Hans Berger menikah di tahun 1911 dengan asisten teknis kliniknya, Baroness Ursula von Bulow. Mereka mempunyai empat anak.
 
Di Negara asalnya, Jerman, Berger tak banyak dipedulikan. Alasannya Nazi yang berkuasa di Jerman tidak percaya terhadap Berger yang pernah ikut Western Front. Tahun 1938, Berger dipaksa untuk menghentikan penelitiannya. Laboratoriumnya dibongkar dan dia dipindahkan ke kota kecil bernama Bad Blankenburg di Thuringia. Dia pun mengalami depresi yang berkepanjangan. Dan pada tanggal 1 Juni 1941, dia mengakhiri hidupnya dengan jalan menggantung diri.

 Share

  

 

No

KATEGORI ARTIKEL

 

Kumpulan Artikel tentang Meningkatkan Kemampuan Belajar:  Kecerdasan, Konsentrasi,Daya Ingat, Kreativitas.

Kumpulan artikel tentang Percaya Diri - Menghilangkan Minder, Grogi, Cemas dan Gelisah

Kumpulan Artikel tentang Relaksasi - Musik dan Aktivitas untuk Rileks

Kumpulan Artikel tentang Musik Terapi Gelombang Otak untuk Meditasi, Lucid Dream, Ragasukma dan Cinta

Kumpulan Artikel tentang Membuka dan Memperkuat Aura

Kumpulan Artikel tentang Tinggi Badan

Kumpulan Artikel tentang Tidur dan Permasalahannya

Kumpulan Artikel tentang Bebas Stres - Artikel dan Metode Mengatasi Stress dan Marah

Kumpulan Artikel tentang Depresi- Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kumpulan Artikel tentang Awet Muda- Perawatan Kulit, Awet Muda dan Bebas Jerawat

Kumpulan Artikel Seputar Nafsu Makan Anak-anak dan Orang Dewasa

Kumpulan Artikel tentang berat Badan- Artikel tentang Berat Badan, Cara Menurunkan Berat Badan

Kumpulan Artikel tentang Seks

Kumpulan Artikel tentang Ibu Hamil, Bayi, Anak-anak, Autis, dan Hiperaktif

Kumpulan Artikel tentang Menjaga Kesehatan dan Penyembuhan Penyakit

Kumpulan Artikel tentang cara Menjadi Baik dan Perubahan Diri

Kumpulan Artikel tentang Terapi Gelombang Otak dan Hipnoterapi

 

Kumpulan Artikel tentang Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Kumpulan Artikel tentang Menyembuhkan dan Menghilangkan Rasa Sakit

 

Kumpulan Artikel tentang Menghilangkan Emosi Negatif

Kumpulan Artikel tentang Menghentikan Kebiasaan Merokok

Kumpulan Artikel tentang Membuka Chakra

Kumpulan Artikel tentang Membangkitkan Kundalini

Kumpulan Artikel tentang Rahasia Sukses

Kumpulan Artikel tentang Aktivasi Otak

   

Authorized by: CV.KARYA ABADI

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah
Contact/SMS: 089 668 981 116 / 085 876 858 588

Email: terapi.info@gmail.com

 

 Brain Booster

Aura Booster Terapi Autis

Artikel Favorit

Silakan klik dan baca artikel favorit berikut

 

Ini Dia Cara Termudah Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

Gara-Gara Melakukan Ini, Banyak Orang Memiliki Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Tehnik Ini Bisa Dilakukan Untuk Membuka dan Memperkuat Aura Didalam Tubuh Manusia

Jika Anda Baru Belajar Meditasi, Artikel ini Sangat Membantu Anda

Terapi Ini Bisa Anda Lakukan Untuk Menambah Tinggi Badan Anda Dengan Cepat

Selain Membuat Perut Kenyang... Makanan ini juga Bisa Membantu Anda Mengatasi Insomnia

Temukan Solusi Mengatasi Masalah Kesehatan dengan Mengontrol Stres Disini

Film Ini Bisa Membantu Anda Mengatasi Depresi

Terapi Autis - Terapi Gelombang Otak (Brainwave) Untuk Anak Autis

Inilah Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengatasi ADHD pada Anak

Fakta Ilmiah... Musik Memberikan Manfaat Bagi Perkembangan Janin

Resep Hidup Sehat Bisa Anda Temukan Disini. Kumpulan Artikel Kesehatan Terbaik

Rahasia Hidup Sukses Bisa Anda Temukan Disini

Manfaat Luar Biasa Dari Energi Kundalini Didalam Tubuh Manusia

Bukan Sekedar Mitos, Chakra Benar-Benar Ada Didalam Tubuh Manusia. Ini Buktinya

Ini Dia Rahasia Orang Yang Sukses Dengan Cita-Citanya

Apakah Setiap Manusia Memiliki Pancaran Aura Yang Berbeda? Temukan Jawabannya Disini

Banyak Orang yang Gagal Meraih Kesuksesan Gara-Gara ini!

Awas!!! Ini Dia Dampak Negatif Akibat Tidak Percaya Diri

Fakta Tentang Otak Manusia Bisa Anda temukan Disini!!!

Orang Ini Bisa Meningkatkan Kemampuan Otak Dia Dalam Belajar Dengan Cara ini!!!

Kumpulan Artikel Tentang Depresi dan Solusinya

Tips ini Bisa Anda Lakukan Untuk Menjadi Lebih Kreatif dan Inovatif

Hanya Dengan Terapi Suara, Penyakit Kronis Bisa Disembuhkan